Struktur Web

STRUKTUR WEB 

Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.


Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :


-   Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.

-   Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
-   Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika         diperlukan.
-   Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.

1. Struktur Linear :

A. Struktur linear murni

B. Struktur linear dengan halaman tambahan

C. Struktur linear dengan halaman pilihan

D. Struktur linear dengan halaman alternatif

A. Struktur Linear murni :

• Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.

• Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.

• Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.

• Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.

• Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.

B. Struktur linear tambahan :

• Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni

• Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.

• Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.

C. Struktur linear dengan halaman pilihan :

• Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.

• Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.

• Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.

D. Struktur linear dengan halaman alternatif :

• Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.

• Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.

• Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.



2. Struktur Grid

• Merupakan perluasan dari struktur linear murni.

• Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.



3. Struktur Hierarki

• Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk   dikembangkan jika diperlukan.

• Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.

• File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.

• Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.

Jenis-jenis Struktur Hierarki :

1. Struktur hierarki lebar/ wide hierarki

• Merupakan struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.

• Penempatan halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.

• Struktur ini sering digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.

2. Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.

• Mirip dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.

• Sebagian besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis struktur hierarki ini.

• Perlu diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian kategori isi yang akan dijelaskan.

Lalu disini saya Mencoba menganalisa website dengan hasil yang berada dalam homepagenya tersebut, website yang di analisa adalah prudential dengan sebagai berikut :


Analisa Web & Pengukuran Web Bukalapak

    Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang    dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.  Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa  membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,  perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
      
      Visi Bukalapak: Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia
      Misi Bukalapak: Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia

Textual Content(Isi Tekstual)

Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Bukalapak (walaupun mayoritas produk yang dijual di Bukalapak adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan). 

Menu pada Halaman awal :

       a. Logo Perushaan
Logo dan nama perusahan merupakan identitas utama sebuah website. Indentitas ini digunakan untuk menghinformasikan kepada pengunjung tetang web yang sedang dikunjungi. Pada web ini, logo yang juga nama website sudah diberikan dengan jelas. Dari namanya saja, pengunjung dapat menangkap bahwa tipe situs Bukalapak.com merupakan Sarana Penjualan bagi dari customer ke costumer karena ada kata lapak dalam alamat situs. Logo website juga ditempatkan pada bagian kiri atas serta menjadi link ke homepage atau beranda. Akan tetapi, dalam logo tidak diberikan slogan (tagline) dari bukalapak.com.

       b. Menu Pencarian

Faktor penting berikutnya dalam pembuatan website adalah search engine / mesin pencarian. Dengan adanya fitur pencarian ini user dapat dengan mudah mencari informasi apa yang diinginkan dalam website yang user kunjungi tanpa harus membuang-buang waktu. Hanya dengan memasukan kata kunci user sudah dapat menemukan informasi yang user inginkan.

       c. Menu Daftar dan Login

Menu daftar ini untuk mendaftarkan sebagai pembeli ataupun pemilik toko. Menu Login untuk yang sudah memiliki account tokopedia.

       d. Menu Kategori

Pada halaman awal juga di tampilkan langsung kategori-kategori yang berfungsi untuk memudahkan customer mencari barang yang di cari.

       f. Hot list

Pada menu ini di tampilkan barang-barang apa saja yang paling banyak dicari ataupun dibeli.



Keteraturan Layout

Desain grafis pada web Bukalapak.com menurut saya sudah cukup baik. Alasan dari cukup baik sendiri adalah karena sudah memenuhi kriteria desain sebuah web yang baik antara lain pemilihan warna, type huruf, ukuran huruf dan tidak terlalu banyak konten yang membuat user kebingungan. Pada Tampilan Website Bukalapak ini menggunakan warna background warna putih, dan dibagian petunjuk informasi berwarna Merah. Dengan memakai dua warna, sehingga dapat memisahkan tulisan yang ingin dibaca secara detail seperti pilihan kategori barang yang dijual.





Navigation

Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web dapat dengan nyaman meng-explore isi di dalam suatu web.

Posisi Navigasi 
Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.

- Navigasi di atas

Pada Bukalapak.com navigasi di bagian atas terdapat menu pencarian,kategori, isi keranjang yang ingin dibeli, status transaksi, login,sign in. Menu pencarian ini cukup tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin mencari sesuatu. Menu login dan sign ini berfungsi untuk pengunjung yang ingin mendaftar ke Bukalapak ataupun pengunjung yang sudah terdaftar. Selain itu , di pojok kiri web terdapat logo dari Bukalapak, dimana logo ini akan selalu terletak di posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di Bukalapak dan apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal.

- Navigasi di TengahPada bagian bawah terdapat Barang-barang discount dan juga promo.

- Navigasi di Bawah
Berisi tentang informasi tentang Web tersebut, metode pembayaran, bantuan bila menghadapi masalah hal itu sangat membantu bagi pemula yang belum pernah berbelanja di Bukalapak.

4. Structure Web

Pada halaman awal www.bukalapak.com sangat simple dan langsung memberikan navigasi pencarian


Fitur pencarian pada bukalapak.com ini terdapat di bagian atas website. Posisi ini cukup strategis, karena memudahkan penunjung untuk menggunakan fitur ini pada saat masuk ke web. Pengunjung dapat mengetikkan keyword di kolom input text.

Kemudian di samping kolom input text pencarian,terdapat menu dropdown yang berisi pilihan kategori. Dimana pada saat mencari, kolom input dan menu dropdown ini akan digabungkan. Sehingga pencarian akan ter-filter sesuai dengan kategori yang dipilih.


Pada daftar barang yang dijual di Bukalapak ini sangat jelas karena di web tersebut dilengkapi dengan gambar barang yang dijual beserta harga, sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi mengenai barang tersebut.



Referensi 

Abdulloh Roh,2018,Web Programing,Bandung,Elex Media Komputindo.
https://www.bukalapak.com/

Komentar

Postingan Populer